03 February 2021 16:41 WIB

What Is Treadwear?

Whenever you’re choosing your tire, the data that usually came first to mind is usually the size like the width and profile. But, there is also one important  information that tends to be missed, that information is the treadwear rating.

What is a treadwear rating? You can say that it’s rating of the durability of the tires before they went bald and unusable. This standard itself was put together by the National Highway Traffic Safety Administration from the USA back in 1978.

On their test, 100 was their benchmark. So, if the tire was rated at 200, it can do twice the distance on the same condition as the NHTSA test.

But, you can’t assume the tires will do “that exact number of miles” since there are tons of factors that will change the age of the tires like driving style, road condition, or even temperature.

Treadwear also has a strong correlation with the amount of grip a tire can deliver, the Accelera 651 Sport for example which has a treadwear rating ranging from 100 to 200. That’s because a tire like this has a softer compound that makes them a lot stickier to the road and increasing their friction hence reducing their distance.

But, this trade of makes the Accelera 651 Sport perfect for the track. It’s sticky, delivers good cornering speed, and is still dailyable thanks to its durability of 200 treadwear.

If you wish to use a more durable tire for daily commute, then the Accelera Eco Plush with its 400 treadwear rating will be perfect for daily mobility.

 

Indonesia 

Dalam memilih ban, biasanya yang menjadi perhatian utama adalah ukuran seperti lebar dan profil ban. Namun, nyatanya masih ada beberapa informasi lain yang tidak kalah penting, salah satunya adalah treadwear.

Treadwear sendiri dapat dilihat pada dinding ban dan tertulis jelas, yaitu “Treadwear” yang kemudian disusul oleh 2 sampai 3 angka.

Tetapi, apa sebenarnya makna dari angka ini? Ternyata, tidaklah rumit.

Treadwear sendiri bisa dibilang sebagai tingkat ketahanan ban ketika dipakai. Maksud dari ketahanan ini adalah seberapa jauh ban bisa dipakai sebelum “botak” dan harus diganti.

Standar ini awalnya dibuat oleh National Highway Traffic Safety Administration dari Amerika Serikat pada tahun 1978. Pada standar milik NHTSA, treadwear 100 adalah standar pengujian mereka. Berarti, dengan kondisi yang identik, maka ban dengan treadwear 200 bisa menempuh jarak 2 kali lipat dari hasil pengetesan.

Tetapi, jarak ini sendiri tidak bisa diberikan angka pastinya karena adanya berbagai faktor yang terkait dengan umur ban, misalnya kondisi jalan, cara mengemudi, bahkan perbedaan suhu juga bisa mempengaruhi umur ban.

Treadwear sendiri memiliki sebuah hubungan yang kuat dengan gaya gesek dari sebuah ban. Ban yang memiliki gaya gesek tinggi seperti Accelera 651 Sport misalnya, akan memiliki treadwear yang lebih rendah dibandingkan pada ban lainnya. Tepatnya untuk Accelera 651 Sport, treadwear-nya adalah 200.

Accelera 651 Sport sendiri merupakan ban performa yang memiliki compound empuk yang memang membuat umurnya sedikit lebih pendek dibandingkan ban lain. Tetapi dengan compound yang empuk ini, Accelera 651 Sport sangat cocok digunakan untuk penggunaan di track balap karena daya cengkramnya yang tinggi membuat mobil yang mengenakannya bisa menikung dan mengerem dengan lebih cepat.

Jika menginginkan ban yang tahan lama dan nyaman untuk digunakan harian, maka Accelera Eco Plush juga bisa menjadi pilihan tepat. Bahkan, treadwear dari Accelera Eco Plush mencapai 400, sehingga sangat tahan lama untuk mobilitas harian.

 

Share